Getruida

Tim Riset dan Advokasi

Sejak 2013 hingga sekarang mengepalai Departemen Pengembangan Informasi Ekologi Kalimantan & Advokasi Tata Ruang Masyarakat Adat pada di Perkumpulan Pancur Kasih (PPK). Dia juga Sekretaris Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA) Kalbar. 20 tahun terakhir telah mendedikasikan diri untuk melakukan Pemberdayaan Masyarakat Adat di pedalaman, aktif mengkampanyekan dan mempromosikan model kearifan pengelolaan sumber daya alam masyarakat adat. Dia telah memfasilitasi masyarakat adat dalam penulisan dan penerbitan lebih dari 10 buah buku bertema model kearifan Pengelolaan Sumber Daya Alam.

Pada tahun 1998, dia juga menangani Proyek Binua Percontohan, sebuah proyek yang bertujuan merevitalisasi adat-istiadat. Tahun 1999–2004 dipercaya menjadi Sekretaris Program PPSDAK-Pancur Kasih. Tahun 2004-2008 menjadi Koordinator Divisi Penguatan Kawasan Adat. Tahun 2009–2012 kepala Divisi Manajemen Ruang dan Sumber Daya Alam. Tahun 2013-2014 menjadi penanggungjawab Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif. Pernah menjadi tim peneliti kadar merkuri dalam tubuh manusia disekitar wilayah pertambangan emas dan pengguna PDAM kota Pontianak tahun 2003 bekerjasama dengan Fakultas MIFA UNTAN. Koordinator penelitian keadilan dan kesehatan lingkungan di DAS Landak tahun 2008. Bersama Jaringan Pesisir dan Pedalaman aktif memfasilitasi pendidikan politik rakyat untuk pemilu yang bersih dan memfasilitasi pendidikan kewarganegaraan untuk tata pemerintahan yang bersih (tahun 2004-2006).

Getruida perempuan Dayak Kanayatn yang lahir dan besar di kampung Raba, di kaki Bukit Sapatutn, saat ini sedang menyelesaikan studi pada program Sarjana di fakultas Ekonomi jurusan Manajemen Universitas Tanjungpura.