Richardus Giring

Koordinator Divisi Riset dan Advokasi

Berminat pada Antropologi Budaya, menempuh pendidikan terakhirnya di Program Pasca-Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada awal 2003. Sebelum bergabung di PPK hingga sekarang, dia mengawali aktivitasnya di NGO sebagai peneliti di Institut Dayakologi pada 2003. Sejak 2013-2015 sebagai koordinator Divisi Pusat Belajar Percontohan PSDA pada Perkumpulan Pancur Kasih. Pada 2013-2014 sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Kalimantan Review. Aktif juga sebagai anggota Dewan Daerah WALHI Kalbar periode 2011-Agustus 2015. Selain itu, bersama 30 aktivis Pancur Kasih lainnya mendirikan Credit Union Gerakan Konsepsi Filosofi Petani, yaitu CU FPPK.

Pada 2009 membantu proses jajak pendapat dan berkontribusi dalam penulisan buku Manifesto Gerakan Pemberdayaan Pancur Kasih dalam koordinasi Konsultan Transformasi Gerakan Pemberdayaan Pancur Kasih (GPPK) yang terdiri dari R. Yando Zakaria, Abdon Nababan, dan Hendro Sangkoyo di bawah tanggungjawab Tim Komisi Transformasi GPPK. Oktober-2010 menjadi Koordinator Penelitian Demokrasi Lokal di Pontianak untuk Lembaga DEMOS, Jakarta.  September 2012-Januari 2013 terlibat dalam Tim Peneliti untuk Pusat Kajian Antropologi (PUSKA) Departemen FISIPOL Universitas Indonesia tentang “Kajian Ekonomi Politik Tata Kelola Hutan dan Lahan di Provinsi Kalbar, Kab. Sintang, dan Kab. Kubu Raya (September 2012-Januari 2013).

Dia menulis “Pancur Kasih Empowerment Movement: Moving while Learning” yang dimuat dalam buku Pancur Kasih Empowerment Movement; juga menulis beberapa tema kebudayaan Dayak untuk buku Pendidikan (Mulok) Multikultural di Kalimanran Barat untuk kelas VII, VIII & IX (tingkat SMP) yang difasilitasi oleh Institut Dayakologi bersama ANPRI Kalimantan Barat. Dia juga seorang editor, di antaranya buku “Potret Buram Kelapa Sawit Perbatasan Indonesia-Malaysia”, buku “Kearifan Lokal Tidak Mati: Pembelajaran Masyarakat Adat Dayak Bakatik di Banua Lumar dalam Menjawab Perubahan Iklim”. Putra Bakatik, lahir di kampung Malabo, Kab. Bengkayang ini dapat dihubungi via e-mail: giring@pancurkasih.org, atau e-mail: giring.giring.giring@gmail.com.